Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Melalui Pendekatan Mastery Learning Siswa Kelas V SDN Karas 3 Kabupaten Magetan

Authors

  • Sadino Universitas Doktor Nugroho
  • Suko Budiono Universitas Doktor Nugroho

Keywords:

Prestasi Belajar, Matematika, Mastery Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi belajar tuntas (mastery learning ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa materi mengubah pecahan di kelas V SDN Karas 3 Kabupaten Magetan. Keberhasilan strategi pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam mata pelajaran matematika terlihat dari peningkatan .hasil .belajar .siswa .kelas V. Sebelum tindakan dilakukan, jumlah siswa yang tuntas adalah 15 (54,4%) orang. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 orang, namun tingkat ketuntasan hanya mencapai 57,60%. Meskipun terjadi peningkatan dari sebelum tindakan hingga siklus I, namun secara .keseluruhan .hasil .belajar siswa belum mencapai 75% dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar 6,5. Beberapa siswa masih belum mencapai tingkat ketuntasan secara individu. Setelah .dilakukan .tindakan .perbaikan pada siklus II, terdapat 33 siswa yang mencapai ketuntasan belajar, dengan presentase 100%. Sebanyak 75% siswa mencapai KKM 65. Dapat disimpulkan bahwa strategi belajar tuntas dapat .meningkatkan .hasil belajar .matematika pada .siswa kelas V SDN Karas 3 Kabupaten Magetan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Diana indriana . (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Diva prees, Jogjakarta.

Hamzah. (2011). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kretif dan efektif . Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto. (2011). Evaluasi hasil Belajar KBK. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman A.M,. 2011. Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Silbermen. Melvin L.2011. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusamedia.

Zaini. Hisyam. dkk.2011.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Centre for Teaching Staff Development.

Downloads

Published

2022-01-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Melalui Pendekatan Mastery Learning Siswa Kelas V SDN Karas 3 Kabupaten Magetan. (2022). Eduscotech, 3(1). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/205

Most read articles by the same author(s)