Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Melalui Pendekatan Mastery Learning Siswa Kelas V SDN Karas 3 Kabupaten Magetan
Keywords:
Prestasi Belajar, Matematika, Mastery LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi belajar tuntas (mastery learning ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa materi mengubah pecahan di kelas V SDN Karas 3 Kabupaten Magetan. Keberhasilan strategi pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam mata pelajaran matematika terlihat dari peningkatan .hasil .belajar .siswa .kelas V. Sebelum tindakan dilakukan, jumlah siswa yang tuntas adalah 15 (54,4%) orang. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 orang, namun tingkat ketuntasan hanya mencapai 57,60%. Meskipun terjadi peningkatan dari sebelum tindakan hingga siklus I, namun secara .keseluruhan .hasil .belajar siswa belum mencapai 75% dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar 6,5. Beberapa siswa masih belum mencapai tingkat ketuntasan secara individu. Setelah .dilakukan .tindakan .perbaikan pada siklus II, terdapat 33 siswa yang mencapai ketuntasan belajar, dengan presentase 100%. Sebanyak 75% siswa mencapai KKM 65. Dapat disimpulkan bahwa strategi belajar tuntas dapat .meningkatkan .hasil belajar .matematika pada .siswa kelas V SDN Karas 3 Kabupaten Magetan.
Downloads
References
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Diana indriana . (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Diva prees, Jogjakarta.
Hamzah. (2011). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kretif dan efektif . Jakarta : Bumi Aksara.
Purwanto. (2011). Evaluasi hasil Belajar KBK. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sardiman A.M,. 2011. Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Silbermen. Melvin L.2011. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusamedia.
Zaini. Hisyam. dkk.2011.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Centre for Teaching Staff Development.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License