Meningkatkan Pemahaman Menghargai Keputusan Bersama Melalui Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V Semester II SDN 1 Purwosari Ponorogo
Keywords:
Model Role Playing, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran PKNAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui: 1) penggunaan model Role Playing pada mata pelajaran PKn, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, 3) Pengaruh yang signifikan antara model Role Playing terhadap hasil belajar PKn.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn yang dikumpulkan melalui tes Objektif pilihan ganda.
Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) penggunaan model Role Playing pada proses pembelajaran PKn dengan cara siswa bermain peran yang sudah ditentukan oleh guru topik/masalahnya untuk dipecahkan bersama oleh siswa. 2) Hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas V pada kelas eksperimen (V-B) yang diberi perlakuan yang menggunakan model Role Playing memperoleh nilai rata-rata post-test = 87,20 dan hasil belajar siswa kelas kontrol (V-A) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata post-test = 75,60. 3) berdasarkan hasil uji t dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolah H0. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Role Playing berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN I Purwosari.
Downloads
References
Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Politik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group, Ct. 4.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabate.
Sugiyanto. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alafabeta.
Torkis, D. (2018). Endayani Henny. (Bahan Ajar) Pembelajaran PKn Di MI/SD. Medan.
Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Isi, Strategi, dan Penelitian). Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License