Peranan Guru Dalam Interaksi Edukatif Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika SD Negeri Karangsono Kecamatan Barat

Authors

  • Sadino Universitas Doktor Nugroho
  • Hariyo Padmoyo Universitas Doktor Nugroho
  • Muhammad Wildan Universitas Doktor Nugroho

Keywords:

Peran Guru, Pemahaman Matematika, Interaksi Edukatif Siswa

Abstract

Di SD Negeri Karangsono, pada dasarnya matematika diajarkan untuk membantu melatih pola pikir siswa supaya dapat memecahkan masalah dengan kritis, logis, cermat dan tepat. Namun banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu pelajaran yang sulit. Dalam hal inilah peran guru sangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran matematika, karena salah satu faktor keberhasilan siswa dalam belajar adalah bagaimana guru mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI, (2) untuk mengetahui peran guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI, dan (3) untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti melalui proses reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data di atas dapat diketahui bahwa: (1) peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI, (2) peran guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI, (3) upaya guru dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa kelas  II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ety, M. Y. (2017). “Pemanfaatan Benda-benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar”, Edisi, 1 (Agustus 2011), 68-69. (diakses pada: 31 Desember 2017).

Hendriana, H. dan Utari, S. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, K. E. dan Mokhammad, R. Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Muliawan, (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, H. R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2020-08-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peranan Guru Dalam Interaksi Edukatif Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika SD Negeri Karangsono Kecamatan Barat. (2020). Eduscotech, 1(2). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/194