Peranan Guru Dalam Interaksi Edukatif Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika SD Negeri Karangsono Kecamatan Barat
Keywords:
Peran Guru, Pemahaman Matematika, Interaksi Edukatif SiswaAbstract
Di SD Negeri Karangsono, pada dasarnya matematika diajarkan untuk membantu melatih pola pikir siswa supaya dapat memecahkan masalah dengan kritis, logis, cermat dan tepat. Namun banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu pelajaran yang sulit. Dalam hal inilah peran guru sangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran matematika, karena salah satu faktor keberhasilan siswa dalam belajar adalah bagaimana guru mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI, (2) untuk mengetahui peran guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI, dan (3) untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti melalui proses reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data di atas dapat diketahui bahwa: (1) peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI, (2) peran guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa Kelas VI, (3) upaya guru dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika siswa kelas II.
Downloads
References
Ety, M. Y. (2017). “Pemanfaatan Benda-benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar”, Edisi, 1 (Agustus 2011), 68-69. (diakses pada: 31 Desember 2017).
Hendriana, H. dan Utari, S. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, K. E. dan Mokhammad, R. Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Muliawan, (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, H. R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License