Meningkatkan Kemampuan Belajar Sains Melalui Pendekatan Outdoor Learning Pada Kelompok A Tk Handayani Plaosan Kabupaten Magetan
Keywords:
Pembelajaran Outdoor Study, Motivasi Belajar, Hasil Belajar SainsAbstract
Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat akan berdampak pada kurang optimalnya pencapaian hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran yang efektif terutama pembelajaran yang interaktif dan tidak monoton memiliki potensi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan yang nantinya dari peningkatan motivasi tersebut dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran outdoor study dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Kelompok A pada mata pelajaran sains di TK Handayani plaosan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis quasi experiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah pretest-postest non- equivalent control group. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelompok A di TK Handayani plaosan berjumlah 141 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa Kelompok A (kelas eksperimen) berjumlah 21 siswa dan Kelompok A (kelas kontrol) berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t (independent sample t-test), uji anova dua jalur, dan uji lanjutan dari uji anova dua jalur yaitu uji tukey (pos hoc test). Hasil penelitian ini yakni (1) model pembelajaran outdoor study memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelompok A pada mata pelajaran sains di TK Handayani plaosan, (2) motivasi belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Kelompok A pada mata pelajaran sains di TK Handayani plaosan, dan (3) secara simultan terdapat interaksi antara model pembelajaran outdoor study dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Kelompok A pada mata pelajaran sains di TK Handayani Plaosan.
Downloads
References
Amstrong, Michael. (2015). Armstrong’s Handbook of Management and Leadership. India. Replika Press Pvt Ltd.
Abdullah, Darda, dkk. (2020). Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Motivasi Siswa Kelas IV SD Negeri Cibalongsari IV. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6(10), 166–86.doi:10.36989/didaktik.v6i1.124.
Ahmad & Fadya, Aqilla. (2022). Pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di Kelas VII MTsN 6 Blitar. (Skripsi). Diperoleh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/35814/.
Ahmad, Khoiri. (2022). “4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based Scool Areas, Journal of Physics.
Ariesandy, Trisnadewi. (2022). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Study) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Matematika, Sains, 15(1).
Ariesandy, & Trisnadewi, K. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jeljah Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15 (1).
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hidayat, Rochmat Neobus. (2022). Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa. Diperoleh dari https://www.academia.edu/33257266/Draft_Research_Pengaruh_MetodeOutdoor_Study_terhadap_Hasil_Belajar_Siswa_docx.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License