Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok B Pancasila Klepu Sooko Ponorogo
Keywords:
Kemampuan berhitung, Permainan puzzleAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh membangun kemampuan berhitung anak TK Pancasila Klepu dalam memahami konsep bilangan dengan menggunakan media permainan leg puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak didik di TK Pancasila Klepu melalui permainan puzzle. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan nontes, secara nontes melalui observasi, dan tes melalui unjuk kerja. Tehnik analisis data secara kualifikatif dan kuantitatif. Pada siklus I menunjukkan hasil seperti mendengarkan penjelasan dan arahan dari guru yaitu 59%, kemampuan menghitung angka 1-20 sesuai arahan guru yaitu 70%, kemampuan mengurutkan angka 1-20 tanpa arahan guru yaitu 70% dan kemampuan berhitung yang dicapai setelah menggunakan puzzle kayu yaitu 65%. Hasil penilaian pada siklus II menunjukkan perkembangan yang luar biasa yaitu sebesar 96%, Hasil penelitian anak yang BSH dan BSB pada siklus II menunjukkan mendengarkan penjelasan dan arahan dari guru yaitu 96%, kemampuan menghitung angka 1-20 sesuai arahan guru yaitu 96%, kemampuan mengurutkan angka 1-20 dengan puzzle tanpa arahan guru yaitu 96% dan kemampuan berhitung yang dicapai setelah menggunkan puzzle kayu yaitu 96%.
Downloads
References
Dinas Pendidikan 2012 Pedoman Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran TK Holistik Integratif. Jawa Tengah: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
Nilawati.2012.“Penerapan Permainan Puzzle dalam Meningkatkan KemampuanBerhitung Anak TK”. (http://www.repository.upi.edu). Diakses Minggu, 20 Juli 2015 jam 17.35 WIB.
Sutama & Main Sufanti (2012). Bidang Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: FKIP-UMS.
Surtikanti, dkk. 2012 Pedagogi Khusus Bidang PAUD. Surakarta: FKIP-UMS.
Tatag Yuli Eko Siswono 2012. Belajar dan Mengajar Matematika Anak Usia Dini. Diambil dari: http://www.academia.edu/4069396/Belajar dan_ Mengajar Matematika_Anak_Usia_Dini. Diakses tanggal 20 September 2013 Jam 20.55 WIB.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License