Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sains dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SDN 2 Kauman
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Picture and PictureAbstract
Kurangnya kesadaran guru dalam melakukan pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran, dalam hal ini guru hanya menggunakan Metode ceramah tidak cocok untuk pembelajaran sains, karena anak-anak perlu lebih aktif dan bereksperimen dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data penelitian ini melibatkan penggunaan teknik observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas IV di SDN 2 Kauman. Tingkat hasil belajar meningkat dari 25% pada pra siklus menjadi 54% pada siklus I dan 89% pada siklus II. Oleh karena itu, hasil belajar siswa telah meningkat. Penggunaan model pembelajaran Picture And Picture dapat memudahkan transfer pengetahuan dengan gambar sebagai objek nyata bagi siswa. Ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di SDN 2 Kauman.
Downloads
References
Amin, Al Fauzan. (2015). Metode Dan Model Pembelajaran Agama Islam, IAIN Bengkulu Press: Vanda Marcom.
M.Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License