Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sains dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SDN 2 Kauman

Authors

  • Suko Budiono Universitas Doktor Nugroho

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Picture and Picture

Abstract

Kurangnya kesadaran guru dalam melakukan pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran, dalam hal ini guru hanya menggunakan Metode ceramah tidak cocok untuk pembelajaran sains, karena anak-anak perlu lebih aktif dan bereksperimen dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data penelitian ini melibatkan penggunaan teknik observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas IV di SDN 2 Kauman. Tingkat hasil belajar meningkat dari 25% pada pra siklus menjadi 54% pada siklus I dan 89% pada siklus II. Oleh karena itu, hasil belajar siswa telah meningkat. Penggunaan model pembelajaran Picture And Picture dapat memudahkan transfer pengetahuan dengan gambar sebagai objek nyata bagi siswa. Ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di SDN 2 Kauman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Al Fauzan. (2015). Metode Dan Model Pembelajaran Agama Islam, IAIN Bengkulu Press: Vanda Marcom.

M.Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-01-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sains dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SDN 2 Kauman. (2023). Eduscotech, 4(1). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/210