Analisis Problematika Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Penjaskes Di SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan
Keywords:
Penjaskes, Pembelajaran Daring, Analisis ProblematikaAbstract
Pada saat ini wabah virus covid-19 ini sangat besar sehingga membuat dibatasinya segala aktivitas kegiatan termasuk aktivitas di lembaga pendidikan. Hal ini juga membuat kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan SMPN 2 Maospati melakukan pembelajaran Hybrid Learning, termasuk pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Permasalahan guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan, solusi guru PJOK dalam mengatasi permasalahan pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan, dan menjelaskan faktor penghambat dan pendukung pada pembelajaran PJOK secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Study kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pembelajaran PJOK di lembaga pendidikan SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan telah dilakukan secara daring mulai dari kegiatan belajar mengajar, penugasan dan pengumpulan tugas. Adapun ditemukan beberapa problematika, faktor- faktor pendukung dan penghambat selama proses pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK serta solusi pada problematika pembelajaran yang dihadapi oleh guru PJOK
Downloads
References
Akmal, A., Sugihartono, T., & Ilahi, B. R. (2018). Analisis Muatan Materi Senam Pada Bahan Ajar Pjok Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9181
Apriyanti, C., & PGRI Pacitan, S. (2020). the Parents Role in Guiding Distance Learning and the Obstacle During Covid-19 Outbreak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(2), 68–83.
Bahri Arsad, Nurazizah Musmuliadi, M. P. (2017). Pembelajaran Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Penemuan Terbimbing. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2), 73–79. http://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4815/2749
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Erwanto, A. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Kelas 1 SD Negeri 1 Medewi Kabupaten Jembrana Bali. Universitas Negeri Malang.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text- 27609-1-10-20200629 (1).pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License