Analisis Problematika Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Penjaskes Di SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan

Authors

  • wanuh wiyarko Universitas Doktor Nugroho
  • bayu purwo adhi Universitas Doktor Nugroho

Keywords:

Penjaskes, Pembelajaran Daring, Analisis Problematika

Abstract

Pada saat ini wabah virus covid-19 ini sangat besar sehingga membuat dibatasinya segala aktivitas kegiatan termasuk aktivitas di lembaga pendidikan. Hal ini juga membuat kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan SMPN 2 Maospati melakukan pembelajaran Hybrid Learning, termasuk pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Permasalahan guru dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan, solusi guru PJOK dalam  mengatasi permasalahan pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan, dan menjelaskan faktor penghambat dan pendukung pada pembelajaran PJOK secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Study kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pembelajaran PJOK di lembaga pendidikan SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan telah dilakukan secara daring mulai dari kegiatan belajar mengajar, penugasan dan pengumpulan tugas. Adapun ditemukan beberapa problematika, faktor- faktor pendukung dan penghambat selama proses pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK serta solusi pada problematika pembelajaran yang dihadapi oleh guru PJOK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, A., Sugihartono, T., & Ilahi, B. R. (2018). Analisis Muatan Materi Senam Pada Bahan Ajar Pjok Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9181

Apriyanti, C., & PGRI Pacitan, S. (2020). the Parents Role in Guiding Distance Learning and the Obstacle During Covid-19 Outbreak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(2), 68–83.

Bahri Arsad, Nurazizah Musmuliadi, M. P. (2017). Pembelajaran Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Penemuan Terbimbing. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2), 73–79. http://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4815/2749

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Erwanto, A. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Kelas 1 SD Negeri 1 Medewi Kabupaten Jembrana Bali. Universitas Negeri Malang.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text- 27609-1-10-20200629 (1).pdf

Downloads

Published

2020-08-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Problematika Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Penjaskes Di SMPN 2 Maospati Kabupaten Magetan. (2020). Eduscotech, 1(2). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/189

Most read articles by the same author(s)