MENGUASAI SPEAKING SKILL BAHASA INGGRIS DENGAN KONSEP ENGLISH DAY BAGI GURU DI SMK MAOSPATI DAN DOSEN DAN KARYAWAN UNIVERSITAS DOKTOR NUGROHO
Keywords:
English Day; speaking skill; English for educators; experiential learning; bilingual academic cultureAbstract
Kemampuan berbicara (speaking skill) dalam bahasa Inggris merupakan kompetensi penting bagi guru, dosen, dan tenaga kependidikan di era global dan Society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris melalui penerapan program English Day bagi guru SMK Maospati serta dosen dan karyawan Universitas Doktor Nugroho Magetan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diperkuat dengan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program English Day mampu meningkatkan kelancaran berbicara, penguasaan kosakata, ketepatan struktur kalimat, kepercayaan diri, serta partisipasi aktif peserta dalam menggunakan bahasa Inggris. Aktivitas pembelajaran berbasis Experiential Learning dan Communicative Language Teaching mendorong penggunaan bahasa Inggris secara autentik dan konsisten dalam konteks akademik dan profesional. Selain itu, peserta mengalami penurunan hambatan psikologis, seperti kecemasan dan rasa takut berbicara, sehingga tercipta lingkungan belajar yang suportif dan budaya bilingual yang positif.
Kesimpulannya, program English Day terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi berbicara bahasa Inggris peserta sekaligus membangun budaya akademik berbahasa Inggris yang berkelanjutan. Program ini direkomendasikan untuk dilaksanakan secara rutin, disesuaikan dengan kebutuhan peserta, serta didukung oleh media pembelajaran yang relevan dan evaluasi berkala guna mengoptimalkan hasil pembelajaran.
Downloads
References
Abdullah, M., & Susilo, H. (2021). Peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris melalui program English Day pada guru SMK di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 7(2), 45–58.
Byram, M. (2023). Teaching and assessing intercultural communicative competence. Cambridge University Press.
Canale, M., & Swain, M. (1980). Theoretical bases of communicative approaches to second language teaching and testing. Applied Linguistics, 1(1), 1–47. https://doi.org/10.1093/applin/I.1.1
Fitriani, D., & Prasetyo, A. (2022). Peran pembiasaan berbahasa Inggris dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Jurnal Bahasa dan Pembelajaran, 10(1), 12–25.
Gao, X. (2022). Affective factors in second language acquisition: Revisiting Krashen’s affective filter hypothesis. Journal of Language Teaching and Research, 13(4), 567–576. https://doi.org/10.17507/jltr.1304.08
Hadi, S. (2020). Strategi pengembangan speaking skill bagi tenaga pendidik di era Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(3), 101–115.
Harmer, J. (2022). The practice of English language teaching (6th ed.). Pearson Education.
Hymes, D. H. (1972). On communicative competence. In J. B. Pride & J. Holmes (Eds.), Sociolinguistics (pp. 269–293). Penguin.
Hutchinson, T., & Waters, A. (2021). English for specific purposes: A learning-centered approach (2nd ed.). Cambridge University Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Merdeka Belajar–Kampus Merdeka: Panduan implementasi kebijakan pendidikan tinggi. Kemendikbud.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.
Krashen, S. D. (1982). Principles and practice in second language acquisition. Pergamon Press.
McKay, S., & Brown, J. (2023). Teaching English as an international language: Theories and practices. Routledge.
OECD. (2023). Education at a glance 2023: OECD indicators. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/eag-2023-en
Rohman, F., & Lestari, N. (2021). Implementasi communicative language teaching untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 77–89.
Sari, M., & Wibowo, A. (2022). Efektivitas English Day sebagai model pembiasaan berbahasa Inggris di lingkungan kampus. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(2), 55–67.
Trilling, B., & Fadel, C. (2021). 21st century skills: Learning for life in our times (2nd ed.). Jossey-Bass.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sopian, Abdul Gafur, Malasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License



