PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK GURU SD DI KABUPATAEN MAGETAN

Authors

  • Abdul Gafur Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Sopian Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Ebin Mahesandra Universitas Doktor Nugroho Magetan

Keywords:

Scientific writing training; elementary school teachers; digital literacy; andragogical training; teacher professional development

Abstract

Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru sekolah dasar merupakan kebutuhan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan memperkuat budaya riset di satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan penulisan ilmiah berbasis andragogi, praktik langsung, dan literasi digital dalam meningkatkan kompetensi guru SD di Kabupaten Magetan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain participatory action training yang dilaksanakan melalui tiga tahap utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui pretest–posttest, observasi, analisis dokumen, serta angket persepsi guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman guru terhadap struktur artikel ilmiah, kemampuan merumuskan masalah penelitian, menyusun kajian teori, serta merancang metode penelitian tindakan kelas. Selain itu, kemampuan literasi digital guru juga mengalami peningkatan, yang ditandai dengan pemanfaatan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley dan Zotero, penggunaan Google Scholar sebagai sumber rujukan ilmiah, serta kemampuan melakukan sitasi dan daftar pustaka secara otomatis. Pelatihan ini juga berdampak pada meningkatnya kepercayaan diri dan motivasi guru dalam menulis karya ilmiah, yang dibuktikan dengan terbentuknya Komunitas Guru Penulis Magetan sebagai wadah kolaborasi dan pendampingan berkelanjutan. Dengan demikian, pelatihan penulisan karya ilmiah ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi akademik, keterampilan menulis ilmiah, dan penguatan budaya riset guru sekolah dasar, sehingga direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dan diperluas cakupannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Avalos, B. (2021). Teacher professional learning: Research trends and future directions. Teaching and Teacher Education, 103, 103120. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103120

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice Hall.

Darling-Hammond, L. (2023). Teaching and learning in the 21st century: New directions for research and policy. Stanford University Press.

DuFour, R., & Eaker, R. (1998). Professional learning communities at work: Best practices for enhancing student achievement. Solution Tree Press.

Fullan, M. (2020). The new meaning of educational change (5th ed.). Teachers College Press.

Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381–391. https://doi.org/10.1080/135406002100000512

Knowles, M. S. (2015). The adult learner: A neglected species (8th ed.). Routledge.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.

Kurniawan, A. (2023). Tantangan guru dalam penulisan karya ilmiah pada era digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 115–126.

Lestari, S. (2021). Peningkatan kompetensi menulis ilmiah guru melalui pelatihan berbasis praktik. Jurnal Pengembangan Profesi Guru, 3(1), 45–56.

Merriam, S. B., & Baumgartner, L. (2020). Learning in adulthood: A comprehensive guide. Jossey-Bass.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Nugroho, H., & Ningsih, T. (2020). Efektivitas pelatihan penulisan ilmiah berbasis pengalaman bagi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 221–230.

Puspitasari, R., Wijayanti, A., & Sari, D. (2022). Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam menulis artikel ilmiah. Jurnal Pedagogi, 6(2), 132–144.

Putri, N., & Anggraeni, F. (2022). Pelatihan literasi digital bagi guru sekolah dasar pada era pembelajaran 4.0. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 55–68.

Safitri, Y. (2022). Peningkatan literasi digital guru melalui pelatihan pengelolaan referensi ilmiah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(4), 260–270.

Salasiah, S., Rahmawati, N., & Yusuf, M. (2021). Peran professional learning community dalam meningkatkan kompetensi guru. Jurnal Pendidikan Guru, 9(1), 1–12.

Schön, D. A. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. Basic Books.

Sari, M., & Hanifah, N. (2023). Integrasi teknologi dan AI dalam penulisan karya ilmiah guru. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 88–102.

Sutrisno, B., & Wahyuni, L. (2021). Budaya akademik sekolah dasar dalam pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 150–165.

UNESCO. (2021). Digital literacy for education in Southeast Asia. UNESCO Publishing.

Wirawan, S., & Prasetyo, A. (2020). Implementasi pengembangan profesi berkelanjutan (PKB) guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 101–115.

Wijaya, H., Setyawan, T., & Lestari, E. (2021). Peningkatan kemampuan menulis ilmiah melalui workshop intensif bagi guru. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 65–78.

Downloads

Published

2024-06-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK GURU SD DI KABUPATAEN MAGETAN. (2024). Eduscotech, 5(2). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/450

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>