PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK GURU SD DI KABUPATAEN MAGETAN
Keywords:
Scientific writing training; elementary school teachers; digital literacy; andragogical training; teacher professional developmentAbstract
Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru sekolah dasar merupakan kebutuhan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan memperkuat budaya riset di satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan penulisan ilmiah berbasis andragogi, praktik langsung, dan literasi digital dalam meningkatkan kompetensi guru SD di Kabupaten Magetan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain participatory action training yang dilaksanakan melalui tiga tahap utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui pretest–posttest, observasi, analisis dokumen, serta angket persepsi guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman guru terhadap struktur artikel ilmiah, kemampuan merumuskan masalah penelitian, menyusun kajian teori, serta merancang metode penelitian tindakan kelas. Selain itu, kemampuan literasi digital guru juga mengalami peningkatan, yang ditandai dengan pemanfaatan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley dan Zotero, penggunaan Google Scholar sebagai sumber rujukan ilmiah, serta kemampuan melakukan sitasi dan daftar pustaka secara otomatis. Pelatihan ini juga berdampak pada meningkatnya kepercayaan diri dan motivasi guru dalam menulis karya ilmiah, yang dibuktikan dengan terbentuknya Komunitas Guru Penulis Magetan sebagai wadah kolaborasi dan pendampingan berkelanjutan. Dengan demikian, pelatihan penulisan karya ilmiah ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi akademik, keterampilan menulis ilmiah, dan penguatan budaya riset guru sekolah dasar, sehingga direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dan diperluas cakupannya.
Downloads
References
Avalos, B. (2021). Teacher professional learning: Research trends and future directions. Teaching and Teacher Education, 103, 103120. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103120
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice Hall.
Darling-Hammond, L. (2023). Teaching and learning in the 21st century: New directions for research and policy. Stanford University Press.
DuFour, R., & Eaker, R. (1998). Professional learning communities at work: Best practices for enhancing student achievement. Solution Tree Press.
Fullan, M. (2020). The new meaning of educational change (5th ed.). Teachers College Press.
Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381–391. https://doi.org/10.1080/135406002100000512
Knowles, M. S. (2015). The adult learner: A neglected species (8th ed.). Routledge.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.
Kurniawan, A. (2023). Tantangan guru dalam penulisan karya ilmiah pada era digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 115–126.
Lestari, S. (2021). Peningkatan kompetensi menulis ilmiah guru melalui pelatihan berbasis praktik. Jurnal Pengembangan Profesi Guru, 3(1), 45–56.
Merriam, S. B., & Baumgartner, L. (2020). Learning in adulthood: A comprehensive guide. Jossey-Bass.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Nugroho, H., & Ningsih, T. (2020). Efektivitas pelatihan penulisan ilmiah berbasis pengalaman bagi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 221–230.
Puspitasari, R., Wijayanti, A., & Sari, D. (2022). Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam menulis artikel ilmiah. Jurnal Pedagogi, 6(2), 132–144.
Putri, N., & Anggraeni, F. (2022). Pelatihan literasi digital bagi guru sekolah dasar pada era pembelajaran 4.0. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 55–68.
Safitri, Y. (2022). Peningkatan literasi digital guru melalui pelatihan pengelolaan referensi ilmiah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(4), 260–270.
Salasiah, S., Rahmawati, N., & Yusuf, M. (2021). Peran professional learning community dalam meningkatkan kompetensi guru. Jurnal Pendidikan Guru, 9(1), 1–12.
Schön, D. A. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. Basic Books.
Sari, M., & Hanifah, N. (2023). Integrasi teknologi dan AI dalam penulisan karya ilmiah guru. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 88–102.
Sutrisno, B., & Wahyuni, L. (2021). Budaya akademik sekolah dasar dalam pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 150–165.
UNESCO. (2021). Digital literacy for education in Southeast Asia. UNESCO Publishing.
Wirawan, S., & Prasetyo, A. (2020). Implementasi pengembangan profesi berkelanjutan (PKB) guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 101–115.
Wijaya, H., Setyawan, T., & Lestari, E. (2021). Peningkatan kemampuan menulis ilmiah melalui workshop intensif bagi guru. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 65–78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Gafur, Sopian, Ebin Mahesandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License



