IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HABIT OF MIND MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penerapan model problem based learning menggunakan media lingkungan, untuk mengetahui peningkatan habit of mind dengan implementasi model problem based learning menggunakan media lingkungan mahasiswa semester VIII STKIP Doktor Nugroho Magetan tahun akademik 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian mahasiswa semester VIII STKIP Doktor Nugroho Magetan dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Dalam melaksakanan penelitian melalui 3 tahapan yaitu tahap-pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap penyelesaian. Untuk meningkatkan kepercayaan terhadap data maka peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Sedangkan untuk analisis datanya melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diatas maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: penerapan model problem based learning menggunakan media lingkungan dapat terlihat dari mahasiswa lebih aktif berpikir dalam pembelajaran berdiskusi, belajar menjelaskan bersama dengan teman sebanyanya, keaktifan mahasiswa muncul ketika pembelajaran dilaksanakan dengan berkelompok dan mahasiswa bisa belajar untuk lebih bertanggung jawab. Mahasiswa dapat mengeksplorasi kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimilikinya sehingga pembelajaran lebih mendalam. Implementasi model problem based learning menggunakan media lingkungan terbukti dapat meningkatkan habit of mind mahasiswa sebesar 57,15%. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi model problem based learning menggunakan media lingkungan terbukti dapat meningkatkan habit of mind mahasiswa semester VIII STKIP Doktor Nugroho Magetan tahun akademik 2015/2016.
Downloads
References
Arnyana, Ida Bagus Putu. 2006. Perencanaan dan Desai Model-model pembelajaran. Singaraja. Jurusan Pendidikan Biologi. FPMIPA UNDIKSHA.
Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Chaeruddin. 2004. Media Membantu Mempertinggi Mutu Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas
Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Ibadullah Malawi. 2012. Penelitian Pendidikan. IKIP PGRI Madiun.
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta: PT Bumi Aksara
Lexy J. Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
Musfiqon. 2010. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Nana Sudjana. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2010. Model-model pembelajaran. Bandung: Mulia mandiri press
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License