Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sdn Ngiliran I Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Materi Daur Air

Authors

  • Abdul Gafur Universitas Doktor Nugroho
  • Rohmad Universitas Doktor Nugroho

Keywords:

Snowball Throwing, Prestasi Belajar, Daur Air

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh model Snowball Throwing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V SDN Ngiliran I Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, dan kelas VI-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN Ngiliran I, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif Snowball Throwing adalah 82,31.Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 81,25. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 8,689 > 1,671.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhammad, dkk. (2014). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Arikunto, Suharsimi, (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djahir,Rifaldi, Ahmad, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Kode Smiles pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA 5 Negeri Palu. Universitas Taduloko Palu. ISSN. 2302-6030. Jurnal Akademika Kimia.

Hasanah, Hasyim. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Universita Islam Negeri Semarang: Jurnal at-Taqaddum. Vol. 8, No.1.

Jaya, Indra. (2018). Penerapan Statistik untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media

Downloads

Published

2020-08-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sdn Ngiliran I Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Materi Daur Air. (2020). Eduscotech, 1(2). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/196