Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sdn Ngiliran I Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Materi Daur Air
Keywords:
Snowball Throwing, Prestasi Belajar, Daur AirAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh model Snowball Throwing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V SDN Ngiliran I Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, dan kelas VI-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN Ngiliran I, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif Snowball Throwing adalah 82,31.Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 81,25. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 8,689 > 1,671.
Downloads
References
Afandi, Muhammad, dkk. (2014). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Arikunto, Suharsimi, (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djahir,Rifaldi, Ahmad, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Kode Smiles pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA 5 Negeri Palu. Universitas Taduloko Palu. ISSN. 2302-6030. Jurnal Akademika Kimia.
Hasanah, Hasyim. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universita Islam Negeri Semarang: Jurnal at-Taqaddum. Vol. 8, No.1.
Jaya, Indra. (2018). Penerapan Statistik untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Khadijah. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License