Studi Kualitatif: Pemahaman Bela Negara Pada Pemuda Usia Produktif

Authors

  • Suyanto Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Lilik Purwaningsih Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Viegi Angelina Universitas Doktor Nugroho Magetan

Keywords:

Bela negara; pemuda usia produktif; kesadaran kewarganegaraan; faktor sosial; studi kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman pemuda usia produktif mengenai bela negara serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Latar belakang penelitian berangkat dari kebutuhan memperkuat kesadaran bela negara di kalangan generasi muda yang menghadapi tantangan globalisasi dan arus informasi digital yang semakin kompleks. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain survei kualitatif melalui kuesioner terbuka dan wawancara mendalam terhadap pemuda berusia 18–30 tahun yang dipilih secara purposive. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan menggunakan teknik analisis tematik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pemuda mengenai bela negara mencakup aspek moral, sosial, dan tanggung jawab kewarganegaraan, meskipun sebagian responden masih memaknainya secara sempit dan berorientasi militeristik. Faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman tersebut meliputi pendidikan, media digital, lingkungan sosial, serta peran keluarga. Temuan penelitian menegaskan pentingnya strategi edukatif yang relevan dengan karakter generasi muda, termasuk literasi digital dan pembinaan karakter berbasis nilai kebangsaan, untuk meningkatkan kesadaran bela negara secara komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Pemuda Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik.

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Longman.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.

Hidayat, R. (2019). Kesadaran bela negara di kalangan generasi muda. Kementerian Pertahanan RI.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (2021). Modul Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Kemenhan RI.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage Publications.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2018). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Tarsito.

Sapriya. (2017). Pendidikan kewarganegaraan: Konsep dan pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syamsuddin, M. (2020). Nasionalisme dan tantangan generasi muda di era globalisasi. Deepublish.

Winarno, B. (2013). Pendidikan kewarganegaraan: Perwujudan karakter bangsa. CAPS.

Downloads

Published

2023-01-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Studi Kualitatif: Pemahaman Bela Negara Pada Pemuda Usia Produktif. (2023). Eduscotech, 4(1). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/425

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>