Studi Kualitatif: Pemahaman Bela Negara Pada Pemuda Usia Produktif
Keywords:
Bela negara; pemuda usia produktif; kesadaran kewarganegaraan; faktor sosial; studi kualitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman pemuda usia produktif mengenai bela negara serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Latar belakang penelitian berangkat dari kebutuhan memperkuat kesadaran bela negara di kalangan generasi muda yang menghadapi tantangan globalisasi dan arus informasi digital yang semakin kompleks. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain survei kualitatif melalui kuesioner terbuka dan wawancara mendalam terhadap pemuda berusia 18–30 tahun yang dipilih secara purposive. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan menggunakan teknik analisis tematik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pemuda mengenai bela negara mencakup aspek moral, sosial, dan tanggung jawab kewarganegaraan, meskipun sebagian responden masih memaknainya secara sempit dan berorientasi militeristik. Faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman tersebut meliputi pendidikan, media digital, lingkungan sosial, serta peran keluarga. Temuan penelitian menegaskan pentingnya strategi edukatif yang relevan dengan karakter generasi muda, termasuk literasi digital dan pembinaan karakter berbasis nilai kebangsaan, untuk meningkatkan kesadaran bela negara secara komprehensif.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Pemuda Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik.
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Longman.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Hidayat, R. (2019). Kesadaran bela negara di kalangan generasi muda. Kementerian Pertahanan RI.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.
Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (2021). Modul Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Kemenhan RI.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage Publications.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2018). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Tarsito.
Sapriya. (2017). Pendidikan kewarganegaraan: Konsep dan pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syamsuddin, M. (2020). Nasionalisme dan tantangan generasi muda di era globalisasi. Deepublish.
Winarno, B. (2013). Pendidikan kewarganegaraan: Perwujudan karakter bangsa. CAPS.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suyanto, Lilik Purwaningsih, Viegi Angelina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License



