Peranan Guru Dalam Interaksi Edukatif Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika SD Negeri Karangsono Kecamatan Barat
Keywords:
Peran Guru; Interaksi Edukatif; Pemahaman; MatematikaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangsono dengan tujuan untuk memahami peranan guru dalam interaksi edukatif pada pelajaran Matematika di kelas VI. Matematika diajarkan untuk melatih pola pikir siswa agar mampu memecahkan masalah secara kritis, logis, cermat, dan tepat. Namun, banyak siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sehingga peran guru menjadi sangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI; (2) mengetahui peran guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI; dan (3) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting sebagai demonstrator, pengelola kelas, dan fasilitator dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI melalui variasi metode, pengelolaan kelas yang kondusif, dan strategi interaksi yang efektif.
Downloads
References
Ety, M. Y. (2017). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa kelas V sekolah dasar. Edisi, 1, 68–69.
Hendriana, H., & Utari, S. (2017). Penilaian pembelajaran matematika. Refika Aditama.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Refika Aditama.
Muliawan. (2014). Metode penelitian pendidikan. Gava Media.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sundayana, H. R. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sadino, Lilik Purwaningsih, Fitria Hery Ardianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License



