Peranan Guru Dalam Interaksi Edukatif Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika SD Negeri Karangsono Kecamatan Barat

Authors

  • Sadino Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Lilik Purwaningsih Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Fitria Hery Ardianto Universitas Doktor Nugroho Magetan

Keywords:

Peran Guru; Interaksi Edukatif; Pemahaman; Matematika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangsono dengan tujuan untuk memahami peranan guru dalam interaksi edukatif pada pelajaran Matematika di kelas VI. Matematika diajarkan untuk melatih pola pikir siswa agar mampu memecahkan masalah secara kritis, logis, cermat, dan tepat. Namun, banyak siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sehingga peran guru menjadi sangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI; (2) mengetahui peran guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI; dan (3) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting sebagai demonstrator, pengelola kelas, dan fasilitator dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI melalui variasi metode, pengelolaan kelas yang kondusif, dan strategi interaksi yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ety, M. Y. (2017). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa kelas V sekolah dasar. Edisi, 1, 68–69.

Hendriana, H., & Utari, S. (2017). Penilaian pembelajaran matematika. Refika Aditama.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Refika Aditama.

Muliawan. (2014). Metode penelitian pendidikan. Gava Media.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sundayana, H. R. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-01-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peranan Guru Dalam Interaksi Edukatif Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika SD Negeri Karangsono Kecamatan Barat. (2022). Eduscotech, 3(1), 97-101. https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/409

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>