Pengaruh Gaya Mengajar Komando Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Mini
Keywords:
Gaya Komando, Passing bawah, bola voliAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh gaya mengajar komando terhadap kemampuan passing Bawah Bola Voli Mini. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola M – S (Matched by Subject Designs) menggunakan ordinal pairing. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah porposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test dan perbedaan, yaitu kemampuan passing passing bawah bola voli mini. Berdasarkan teknik analisis data yang digunakan uji t (t-test) pada taraf signifikansi 5%. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut; (1) ada perbedaan antara pembelajaran dengan gaya mengajar komando, dengan thitung sebesar 2,273 lebih besar dari tabel, pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,145. (2) Pengaruh pembelajaran dengan gaya mengajar komando lebih baik dengan prosentase peningkatan gaya komando sebesar 38,38%.
Downloads
References
Husdarta dan Yudha M.Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar & Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Strata D-III.
John. D Tenang. 2008. Mahir Bermain Futsal. Jakarta: DAR Mizan.
Justinus Lhaksana. 2012. Teknik Dasar Bermain Futsal. Jakarta: Bechampion.
LukimantoYudianto. 2009. Teknik Bermain Sepakbola dan Futsal. Bandung: Visi 7.
M. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Malyono B. 2014. Buku Pintar Panduan Futsal. Jakarta: Laskar Aksara.
Moh. Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.
Muston Musca. 1994. Teaching Physical Education United States of Amerika. USA: Macmillen College Publishing Company.
Rusli Lutan. 2000. Strategi Belajar Penjaskes. Jakarta
Sardiman.A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi. 1995. Metodologi Research Jilid IV. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.
Syaiful Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License