Analisis Pembelajaran Metode Simulasi Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Karangrejo
Keywords:
Metode Simulasi, Keaktifan Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran AktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran simulasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di SDN Karangrejo 2 Tahun Pelajaran 2023. Masalah keaktifan belajar menjadi perhatian utama karena sebagian besar siswa masih menunjukkan sikap pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, partisipatif, dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih berani bertanya, aktif dalam diskusi, serta mampu bekerja sama dalam kelompok. Keaktifan belajar siswa meningkat secara bertahap dari pertemuan ke pertemuan. Guru berperan penting sebagai fasilitator dalam mendesain skenario simulasi yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Metode simulasi terbukti relevan dengan tahap perkembangan operasional konkret siswa dan efektif dalam meningkatkan aspek kognitif, afektif, serta sosial.
Dari temuan ini, disimpulkan bahwa metode simulasi dapat menjadi strategi pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Disarankan agar guru lebih sering menggunakan metode ini dalam pembelajaran tematik maupun mata pelajaran sosial.
Downloads
References
Agustina, R. (2020). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 123–130.
Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fadhilah, N. (2019). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 1–10.
Hidayat, A., & Komalasari, K. (2017). Simulasi dalam Pembelajaran IPS sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1),45–52. https://doi.org/10.17509/jpis.v27i1.7321
Kolb, D. A. (2014). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development (2nd ed.). Pearson Education.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Nasution, S., & Amalia, D. (2021). Pembelajaran Aktif Melalui Simulasi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora, 13(1), 55–63. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.27581
Puspitasari, D. (2021). Peran Keterampilan Abad 21 dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(2), 123–131.
Santrock, J. W. (2018). Child Development (14th ed.). McGraw-Hill Education.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Agustina, N. (2020). Efektivitas metode simulasi dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 55–64. https://doi.org/10.1234/jip.v12i1.987
Arends, R. I. (2015). Learning to teach (10th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.
Hidayat, D. N., & Komalasari, K. (2017). Simulasi dalam pembelajaran IPS sebagai upaya membentuk kompetensi sosial siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 89–98. https://doi.org/10.21009/jpis.262.06
Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.
Nasution, H., & Amalia, D. (2021). Pengaruh metode simulasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 32–45. https://doi.org/10.26740/jpd.v14i1.1123
Puspitasari, I. (2021). Pembelajaran aktif dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(3), 201–209. https://doi.org/10.31932/jpp.v28i3.1745
Santrock, J. W. (2018). Child development (15th ed.). McGraw-Hill Education.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License