Analisis Pembelajaran Metode Simulasi Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Karangrejo

Authors

  • Yoga Pratama Universitas Doktor Nugroho Magetan

Keywords:

Metode Simulasi, Keaktifan Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Aktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran simulasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di SDN Karangrejo 2 Tahun Pelajaran 2023. Masalah keaktifan belajar menjadi perhatian utama karena sebagian besar siswa masih menunjukkan sikap pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, partisipatif, dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih berani bertanya, aktif dalam diskusi, serta mampu bekerja sama dalam kelompok. Keaktifan belajar siswa meningkat secara bertahap dari pertemuan ke pertemuan. Guru berperan penting sebagai fasilitator dalam mendesain skenario simulasi yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Metode simulasi terbukti relevan dengan tahap perkembangan operasional konkret siswa dan efektif dalam meningkatkan aspek kognitif, afektif, serta sosial.
Dari temuan ini, disimpulkan bahwa metode simulasi dapat menjadi strategi pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Disarankan agar guru lebih sering menggunakan metode ini dalam pembelajaran tematik maupun mata pelajaran sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R. (2020). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 123–130.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fadhilah, N. (2019). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 1–10.

Hidayat, A., & Komalasari, K. (2017). Simulasi dalam Pembelajaran IPS sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1),45–52. https://doi.org/10.17509/jpis.v27i1.7321

Kolb, D. A. (2014). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development (2nd ed.). Pearson Education.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Nasution, S., & Amalia, D. (2021). Pembelajaran Aktif Melalui Simulasi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora, 13(1), 55–63. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.27581

Puspitasari, D. (2021). Peran Keterampilan Abad 21 dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(2), 123–131.

Santrock, J. W. (2018). Child Development (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Agustina, N. (2020). Efektivitas metode simulasi dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 55–64. https://doi.org/10.1234/jip.v12i1.987

Arends, R. I. (2015). Learning to teach (10th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.

Hidayat, D. N., & Komalasari, K. (2017). Simulasi dalam pembelajaran IPS sebagai upaya membentuk kompetensi sosial siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 89–98. https://doi.org/10.21009/jpis.262.06

Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.

Nasution, H., & Amalia, D. (2021). Pengaruh metode simulasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 32–45. https://doi.org/10.26740/jpd.v14i1.1123

Puspitasari, I. (2021). Pembelajaran aktif dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(3), 201–209. https://doi.org/10.31932/jpp.v28i3.1745

Santrock, J. W. (2018). Child development (15th ed.). McGraw-Hill Education.

Downloads

Additional Files

Published

2024-01-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Pembelajaran Metode Simulasi Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Karangrejo. (2024). Eduscotech, 5(1). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/345