PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

  • Heri
Keywords: Model Pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, Prestasi Belajar

Abstract

Salah satu kunci untuk meningkatkan prestasi belajar adalah dengan menggunakan
model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran
kooperatif, yang bisa digunakan adalah, model Teams Games Tournament (TGT). Sehingga dalam
penelitian ini, yang menjadi tujuan penelitian adalah, untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Penelitian ini, menggunakan metode penelitian Kuantitatif , dengan pendekatan Eksperimen semu.
Sedangkan, teknik pengumpulan data menggunakan Tes. Teknik analisis data, menggunakan Uji T
(Student test) dengan kategori Independent t - test.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Uji Normalitas populasi adalah normal, karena jumlah
sampel besar, untuk uji homogenitas variansi menyatakan bahwa, homogen dengan Equal variance
assumed (dengan asumsi kedua varians adalah sama), yaitu 0,765 dengan probabilitas 0,391. Independent
Sample t Test terlihat bahwa, t hitung untuk prestasi belajar dengan equal variance assumed adalah -
0,080, dengan probabilitas 0,937. Karena probabilitas uji dua sisi maka (0,937/2=0,4685) > 0,025, jadi H0
diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara
siswa laki – laki dengan perempuan, pada mata pelajaran Matematika kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Al
Hikam kecamatan Geger Kabupaten Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka
Cipta
Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Muslimin Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Pers
Roely Ardiansyah, dkk. 2012. Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah
Dasar. Surabaya: UWKS Press.
Rusman. 2012. Seri manajemen sekolah bermutu Model – model pembelajaran
mengembangkan profesionalisme guru Edisi kedua. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sri Aninditya Nugraheni. 2012. Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter. Yogyakarta:
Mentari Pustaka.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha
Nasional
Published
2019-12-01
How to Cite
Prianto, H. (2019). PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). Eduscotech, 1(1). Retrieved from https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/32