PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Abstract
Salah satu kunci untuk meningkatkan prestasi belajar adalah dengan menggunakan
model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran
kooperatif, yang bisa digunakan adalah, model Teams Games Tournament (TGT). Sehingga dalam
penelitian ini, yang menjadi tujuan penelitian adalah, untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Penelitian ini, menggunakan metode penelitian Kuantitatif , dengan pendekatan Eksperimen semu.
Sedangkan, teknik pengumpulan data menggunakan Tes. Teknik analisis data, menggunakan Uji T
(Student test) dengan kategori Independent t - test.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Uji Normalitas populasi adalah normal, karena jumlah
sampel besar, untuk uji homogenitas variansi menyatakan bahwa, homogen dengan Equal variance
assumed (dengan asumsi kedua varians adalah sama), yaitu 0,765 dengan probabilitas 0,391. Independent
Sample t Test terlihat bahwa, t hitung untuk prestasi belajar dengan equal variance assumed adalah -
0,080, dengan probabilitas 0,937. Karena probabilitas uji dua sisi maka (0,937/2=0,4685) > 0,025, jadi H0
diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara
siswa laki – laki dengan perempuan, pada mata pelajaran Matematika kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Al
Hikam kecamatan Geger Kabupaten Madiun.
Downloads
References
Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka
Cipta
Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Muslimin Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Pers
Roely Ardiansyah, dkk. 2012. Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah
Dasar. Surabaya: UWKS Press.
Rusman. 2012. Seri manajemen sekolah bermutu Model – model pembelajaran
mengembangkan profesionalisme guru Edisi kedua. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sri Aninditya Nugraheni. 2012. Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter. Yogyakarta:
Mentari Pustaka.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha
Nasional
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License