Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemempuan Berfikir Kreatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SDN Mranggen 3

Authors

  • Elisabet Dyah K Universitas Doktor Nugroho Magetan

Keywords:

Creative Thinking Skills, Problem Based Learnin, Learning Model

Abstract

The problem in this study is the low level of creative thinking ability of fourth grade students at SDN Mranggen 3. This study aims to analyze the effect of the application of the Problem Based Learning learning model on students' creative thinking abilities. Data collection techniques using tests. The research design uses Pre-Experimental Design with the type of One Group Pre test Post test Design. The population is 206 and the sample used is 22 students of class IV B, the sample is determined by the cluster random sampling technique. Data were analyzed using the t test. The results of this study show a significant effect of the application of the Problem Based Learning learning model on the creative thinking abilities of fourth grade students at SDN Mranggen 3 as indicated by the acquisition of t count (6.27) > t table (2.021).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran Dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: Refika Aditama.

Aliyah, H. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar 8 (2):38.

Arends, R. I. 2013. Belajar Untuk Mengajar, Learning to Teach. Jakarta: Selemba Humanika.

Arifin, Slamet. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 3:20.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VD). Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, W. P. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas 4.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 2(2).

Aunurrahman. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bilhuda, Dkk. 2017. “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 3:439.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Fauziah, Y. N. 2011. “Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.” Jurnal Edisi Khusus 1 (1):99.

Hagi, Nanda Afrita, and Mawardi Mawardi. 2021. “Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):463–71. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.325.

Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hariyanto, Suyono dan. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offse.

Isrok’atun & Rosmala, Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. 2018. “Problem-Based Learning: Creative Thinking Skills, Problem-Solving Skills, and Learning Outcome of Seventh Grade Students.” (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 4(2):151.

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Revika Aditama.

Kunandar. 2013. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Sukses Dalam Sertiifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, I. 2014. No TitleSukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Mudjiono, Dimyati &. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Mudlofir, Ali &. Evi F. R. 2015. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munandar, U. 2012. Mengembangkan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mussardo, G. 2019. Teori Kognitif. Statistical Field Theor. 9:1689–1699. Nada, Izzatun, Sri Utaminingsih, and Sekar Dwi Ardianti. 2018. “Penerapan

Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(2):216. doi: 10.30870/jpsd.v4i2.3856.

Nahar, Novi Irwan. 2016. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.” Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial) 1:65.

Downloads

Published

2022-01-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemempuan Berfikir Kreatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SDN Mranggen 3. (2022). Eduscotech, 3(1). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/252