Analisis Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Bendo 1

Authors

  • Muhasibi Ikhsan Universitas Doktor Nugroho Magetan

Keywords:

Vocabulary Mastery, Indonesian Language, Grade IV Students

Abstract

This study aims to determine the mastery of Indonesian vocabulary possessed by grade IV odd-numbered students in the 2022/2023 school year. This research was conducted at SDN Bendo in November 2022. The research method used is qualitative description. The instrument in this study was a written test by giving students the task of writing an essay about the work of the student's parents. This study uses data analysis techniques, namely, the essays are analyzed based on the types of vocabulary categories. The results of the study stated that of the thirty essays analyzed, the use of Indonesian vocabulary by grade IV students of SDN Bendo, the mastery of nouns had the largest percentage, namely the essays of NB students, there were 48 vocabularies and the smallest percentage was FH students, namely 8 vocabularies. The use of nouns has the largest percentage because nouns are easier for students to find in learning activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsan, M. (2021). Pendekatan kontekstual dalam pengajaran kosakata Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 19(3), 45-56.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, A. (2018). Linguistik umum: Suatu pengantar. Rineka Cipta.

Faisal dkk. 2009. Kajian Bahasa Indonesia. Jakarta: Dekdipnas.

Gunawan, H. (2023). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 123-132.

Hadi, Nur dkk. 2004. pembelajran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Surabaya: UMPres

Hanum, I Latifa. 2019. Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta : PT Penerbit IntanPariwara.

Harahap, I. (2018). Pentingnya penguasaan kosakata dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Jurnal Linguistik Indonesia, 10(3), 67-75.

Hidayati, N. (2022). Kosakata dan budaya dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Linguistik dan Budaya, 12(1), 99-108.

Ikawati. 2013. Analisis Kesalahan Pengunaan Kosakata Pada Karangan Narasi Siswa Yang Berlatar Belakang Bahasa Betawi Kelas VII Mts Negeri Parung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Keraf, Goris .1997. komposisi: sebuah pengantar kemahiran bahasa. Jakarta: Flores.

Mahsun. 2014. Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mu’awwanah, Uyu. 2015. Bahasa Indoensia 1. Depok: CV. Madani Damar Madani.

Mukh, Doyin dan Wagiran. 2011. Bahasa Indonesia. Semarang: LP3 Unnes. Nasution. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Pramesti, U dewi. 2015. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca melalui Teka-Teki Silang. Jurnal Puitika, Vol.11, No.1.

Pratiwi, R. (2021). Pengajaran kosakata Bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 70-80.

Putra, A. (2018). Strategi pembelajaran kosakata dalam konteks kehidupan sehari-hari siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 17(1), 50-60.

Santoso, W. (2021). Peran kosakata dalam pengembangan kemampuan menulis pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 20(2), 90-102.

Sibarani, R. (2020). Kosakata dasar dalam pengajaran Bahasa Indonesia: Pengaruhnya terhadap kemampuan berbahasa siswa. Jurnal Linguistik Terapan, 14(4), 45-56.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabetra.

Sumarni, E. (2019). Model pembelajaran kosakata dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(4), 112-123. Adhani, Agnes. 2017. Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Textium, cet. Ke-1.

Suryaman dkk. Modul Tata Bahasa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryanto, D. (2019). Pengajaran kosakata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 23-34. Dewi, R. (2020). Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 18(2), 45-56.

Tarigan, H Guntur. 2015. Pengajaran Kosakata, Angkasa: Bandung. Tarigan, H Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Utami, Desiana Wahyu. 2014. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Papan Selip (Slot Board) Pada Siswa Kelas II SDN 2 Karangtalun. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2023-01-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Bendo 1. (2023). Eduscotech, 4(1). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/243