Media Belajar Inovatif Dengan Konsep Service Learning Pada Siswa SD Negeri Kincang 03 Jiwan

  • Nur Hidayat Universitas Doktor Nugroho Magetan
Keywords: Service Learning, Media Belajar Inovatif, SD Negeri Kincang 03

Abstract

Konsep service learning bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar melalui penggunaan media belajar inovatif bagi siswa SD Negeri Kincang 03 Jiwan Kabupaten Madiun. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2023 di SD Negeri Kincang 03 Jiwan Kabupaten Madiun. Kegiatan dilakukan dengan memberikan Pelatihan menggunakan media belajar yang menarik dan menyenangkan dengan memilih topik mengenal hewan, nomor, bentuk, dan warna dalam bahasa Inggris. Hasil Kegiatan PKM menunjukkan bahwa kegiatan PKM ini dapat meningkatkan semangat belajar, bekerja sama, dan bersaing untuk menjadi yang terbaik pada siswa-siswa peserta. Selain itu kegiatan PKM ini memberikan isnpirasi kepada pendidik SD Negeri Kincang 03 Jiwan Kabupaten Madiun untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abeasi, D. A., & Paul, A. K. (2020). Factors influencing classroom participation of undergraduate nursing students. International Journal of Education, 1 3(1). https://doi.org/10.17509/ije.v13i1.20997
Bejtkovský, J. (2016). The current generations: The Baby Boomers, X, Y and Z in the context of human capital management of the 21st century in selected corporations in the Czech Republic. Littera Scripta, 9(2), 25-45.
Cazzell, M., Shirley, T., Joan, B., & Melanie, S. (2014). Transformation of, in, and by learning in a service-learning faculty fellows program. J ournal of Service-Learning in Higher Education, 3, 30-46.
Cetin, M., & Meral, H. (2019). School administrators and generation Z students perspectives for a better educational setting. Journal of Education and Training Studies, 7 (2), doi:10.11114/jets.v7i2.3773.
Cho, S. C. (2014). Service-learning research: Definitional challenges and complexities. Asia- Pacific Journal of Cooperative Education, 15(4), 347-358.
Cilliers, E.J. (2017). The challenge of teaching generation z. PEOPLE International Journal of Social Sciences, 3 (1), 188-198,DOI-https://dx.doi.org/10.20319/pijss.2017.31.
Csobanka, Z. E. (2016). Generation Z. A cta Technologica Dubnicae, 6 (2), 63-76, DOI: 10.1515/atd-2016-0012.
Frey, I. G., Katharina, G., & Alexander, R. (2017). Learning from direct instruction: Best preparedby several self-regulated or guided invention activities? Learning and Instruction, 51, 26-35
Fisher, G. (2018). Engaging generation z: A study on Facebook group implementation in language courses and in multiple contexts. (Published Dissertation), University of New England, England.
Gaidhani, S., Lokesh, A., & Bhuvanesh, K. S. (2019). Understanding the attitude of generation z towards workplace. International Journal of Management, Technology And Engineering, IX(1), 2804-2812.
Jamulia, J. (2018). Identifying students learning style preferences at IAIN Ternate. nternational Journal of Education, 10(2), 121-129
Published
2023-08-10
How to Cite
Hidayat, N. (2023). Media Belajar Inovatif Dengan Konsep Service Learning Pada Siswa SD Negeri Kincang 03 Jiwan. Eduscotech, 4(2). Retrieved from https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/147
Section
Articles